Get Adobe Flash player

Beranda

Fungsi unsur hara makro bagi tanaman – lanjutan

Bag II

Fungsi Unsur Hara Makro (n-p-k)
Banyak para hobiis dan pencinta tanaman hias, bertanya tentang komposisi kandungan pupuk dan prosentase kandungan N, P dan K yang tepat untuk tanaman yang bibit, remaja atau dewasa/indukan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi masing-masing unsur tersebut :

Nitrogen ( N )
-Merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan
-Merupakan bagian dari sel ( organ ) tanaman itu sendiri
-Berfungsi untuk sintesa asam amino dan protein dalam tanaman (lebih…)

Beberapa unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman

Bag 1

pemupukan padat dengan kompos

Seperti juga manusia, tanaman membutuhkan banyak nutrisi. Dari sekian banyak nutrisi untuk tanaman tersebut meliputi ; Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Belerang (S), Besi (Fe), Mangan (Mn), Boron (B), Mo, Tembaga (Cu), Seng (Zn) dan Klor (Cl).
Unsur hara tersebut tergolong unsur hara Essensial. Berdasarkan jumlah kebutuhannya bagi tanaman, dikelompokkan menjadi dua, yaitu: (lebih…)

Menggunakan jamur Gliocladium sp. dan Tricoderma untuk pengendalian hayati parasit tanaman

thrichoderma sp

thrichoderma sp

Penggunaan pestisida yang tidak bijaksana banyak menimbulkan dampak negatif, antara lain terhadap kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan hidup. Dalam budidaya secara organik pengendalian OPT dilaksanakan dengan mempertahankan kelestarian lingkungan, aman bagi produsen dan konsumen serta menguntungkan bagi petani. Salah satu alternatif pengendalian adalah pemanfaatan jamur antagonis patogen tumbuhan, yaitu jamur Gliocladium sp. dan atau Trichoderma harsianum. (lebih…)

Pembuatan pupuk cair dengan urine kelinci

Skema penampungan kandang kelinci dengan model tampungan urine

Skema kandang kelinci untuk menampung urin kelinci sebagai bahan POC

Pengelolaan pertanian organik  memang masih terbatas, tetapi seiring dengan meningkatnya kesadaran petani, lambat laun penggunaan pupuk organik yang ramah lingkungan akan menjadi kebutuhan petani.

Ada beberapa alternatif pengganti pupuk kimia  pupuk organik untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Salah satunya yang bagus adalah dengan bahan dasar urine atau kencing kelinci.

Berikut cara mengolah pupuk organik cair dengan menggunakan bahan baku air kencing kelinci.

 

 

 

Bahan yang diperlukan :

  1. Urin kelinci 100 liter
  2. EM4 0,5 – 1 liter, sebagai alternatif EM4 juga bisa digunakan kascing atau kotoran cacing yang dilarutkan. Logikanya bakteri yang akan dikembangbiakkan dalam pembuatan pupuk cair ini dari bakteri baik untuk tanaman yang terkandung dalam kascing.
  3. Bisa dicampuri dengan MOSA MIC yang mengandung bakteri penambat N dsb
  4. Tetes tebu 0,5 -1 liter,

(lebih…)

Cara memasak brokoli organik

brokoli organik

Cara pemasakan brokoli yang salah bisa menyebabkan kandungan pelawan kanker yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau ini hilang. Namun, kini ada cara yang pasti untuk memaksimalkan anti kanker dari brokoli.

Ilmuwan dari Universitas of Illinois, Amerika Serikat, berhasil menemukan cara untuk memaksimalkan kekuatan anti kanker dalam brokoli. Caranya adalah dengan memanaskan brokoli dalam batas suhu tertentu sehingga zat pelawan kanker yang disebut sulforaphane tidak hilang.

Penemuan yang dilakukan Elizabet Jeffery itu membuat kandungan sulforaphane dalam brokoli meningkat. Sulforaphane merupakan salah satu kandungan anti kanker paling kuat yang terdapat dalam tanaman. "Kandungan ini bekerja dengan meningkatkan enzim dalam liver untuk menghancurkan zat kanker yang masuk ke tubuh lewat makanan atau lingkungan," katanya. (lebih…)

Mengecambahkan Benih

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengecambahkan semua jenis tanaman adalah sebagai berikut :

    • Air. Alangkah baiknya bila kita merendam benih selama satu malam sebelum ditanam. Pencelupan dalam air panas sesaat sebelum perendaman akan membunuh hama/penyakit yang terbawa dalam benih. Beberapa jenis benih yang biasanya keluar setelah melewati perut hewan akan mudah berkecambah bila dibantu dengan perendaman pada air panas (tidak mendidih !)
  • Udara. Pada tanah padat atau bercadas akan sulit mengecambahkan benih akibat terlalu sedikitnya udara dalam tanah.
  • Sinar Matahari. Sinar matahari yang cukup biasanya sangat dibutuhkan untuk mengecambahkan benih-benih yang berasal dari daerah dengan 4 musim.

(lebih…)

Apa itu mikoriza? Dan Bagaimana Aplikasinya?

mikoriza

mikoriza dengan media zeolith

Mikoriza adalah fungi didalam tanah yang berasosiasi simbiotik dengan kaar tanaman.
Produk yang ditawarkan merupakan mikoriza jenis Endomikoriza yaitu mikoriza yang hidup di dalam akar untuk perkembangbiakannya.
Endomikriza mempunyai ciri yaitu mengahasilan Vesikel dan atau Arbuskel sehinggga sering disebut Vesicular Arbuscular Micorrhiza (VAM). Vesikel adalah struktur berdinding tipis berbentuk bulat, lonjong, atau tidak teratur, yang mengandung senyawa lipid. Arbuskel adalah strukutr dalam akar yang berbentuk seperti pohon berasal dari cabang hifa intra radial setelah hifa cabang menembus didnding sel korteks, terbentuk antara dinding sel dan membran plasma.

(lebih…)

Tahukah Anda?
buis untuk sampah organik pengolahan kompos

Buis untuk tempat sampah organik sederhana untuk diolah menjadi kompos

Jangan bakar sampah organik ( dedauan, sisa dapur, sayuran, dan lain-lain ). Mulailah untuk membuat pos kecil untuk komposting ; kumpulkan seluruh sampah organik dan timbun di dalam lubang di tanah.

< |||| >
Ikuti kami di :
Agenda
Who's Online
  • 0 Members.
  • 2 Guests.

Kunjungan sejak 2012

Your IP: 54.81.196.35