Get Adobe Flash player

Beranda

Kentang organik, sehat bermanfaaat

Kentang (Solanum tuberosum L) sangat populer di kalangan sayur mayur. Dimasak dengan cara direbus atau dikukuspun enak dimakan. Anak-anak maupun dewasa menyukainya.Tanaman lunak yang tingginya mencapai 60 cm ini memiliki umbi agak kekuningan. Hanya mampu tumbuh optimal di dataran tinggi. MOSA bermitra dengan petani di daerah lingkar lereng merapi - merbabu untuk menanam kentang secara organik.

 

Daunnya majemuk berhadapan, bunganya berwarna putih dan batangnya mempunyai banyak cabang berbulu halus. Tumbuhan ini mempunyai nama lain seperti umbi ubi belanda, ubi mandira, dll.

SUKU : Solanacease

Kandungan & Manfaat : Umbi kentang mengandung pati (amilosa, amilopektin), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B dan C

Kegunaan : (lebih…)

Manfaat buah bit untuk kesehatan

Buah bit mengandung banyak manfaat dari sisi kesehatan. Salah satu konsumen sayuran organik kami berlangganan buah bit untuk terapi kesehatan. Konsumen kami tinggal di Jakarta, sedangkan ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit harus menjalani diet ketat untuk kesembuhannya. Konsumen kami ini yang sadar bahwa sayuran organik bisa menjadi makanan/obat herbal memesan langsung ke kami untuk berlangganan sayur organik.

Minimal seminggu sekali memesan tak kurang 10kg sayuran; wortel, bit dan brokoli. Untuk berasnya atas rekomendasi dari kami, konsumen kami dari Jkarta ini memesan beras hitam yang memiliki kandungan antosianin tinggi sesuai hasil uji lab UGM dibandingkan jenis beras yang lain. (lebih…)

Pembiakan Bakteri Pengikat Nitrogen

mosa mic

mosa mic mengandung bahan aktif pseudomonas putida sp

Dalam budidaya organik, kebutuhan N bisa dupayakan lewat cara alami. Bayangkan sebuah hhutan yang tanpa dipupukpun tanamannya dapat tumbuh subur dan lebat. Maka dalam

budidaya organik pun berlaku hal yang sama. Dalam budidaya organik diupayakan

secara alamiah mikroba-mikroba yang hidup di tanah berkembang pesat untuk

saling bersimbiosis dengan tanaman di sekitarnya. Salah satunya bakteri pengikat

Nitrogen.  Jenis bakteri ini bisa diambil dari azospirillum sp yang mampu

mengikat dengan baik unsur-unsur Nitrogen di Udara. (lebih…)

11 Alasan untuk Menyukai Brokoli

Diambil dari artikel kompas health

Penulis : Bramirus Mikail

Brokoli organik

Brokoli organik

KOMPAS.com - Brokoli  (Brassica oleracea L, kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Sebagian diantara kita mungkin belum banyak mengetahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau ini. Dalam beberapa literatur disebutkan brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. [[Sayuran]] ini juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane).

Berikut ini adalah ragam manfaat dari [[brokoli]], yang berkontribusi besar bagi kesehatan: (lebih…)

Bagaimana cara mengendalikan kepinding tanah

serangga terkena cendawan beauveria bassiana

Kepinding tanah biasanya dijumpai menggerombol pada akar padi sehingga mengakibatkan rusaknya akar padi, padi menjadi kerdil, sedikit anakan dan akhirnya kering. Untuk mengatasi hal tersebut maka ramuan pestidida alaminya sebagai berikut: (lebih…)

Membuat sendiri pembiakan jamur trichoderma

trichoderma spJamur antagonis alias musuh  dikembangkan sebagai sebuah teknik untuk menggusur jamur penyebab penyakit pada tanaman. Jamur ini punya kemampuan berkembang biak dan daya adaptasi yang lebih baik dibandingkan jamur pentebab penyakit. Ada beberapa jenis jamur antagonis yang sudah ditemukan, namun yang terbukti paling efektif dan mudah dikembangkan selama ini oleh petani adalah jenis Trichoderma sp, yaitu penggusur jamur penyebab busuk akar pada aneka tanaman.

Setelah jamur Trichoderma tersebut berhasil dibiakkan dan sudah menunjukkan warna hijau kehitaman, maka setelah diencerkan dengan air kemudian dapat disemprotkan kedalam tanah yang akan ditanami.

(lebih…)

Tahukah Anda?

sekolah lapang ke sukunan-foto dokumentasi hijau.or.id -

Sadarkah bila kita membeli sesuatu barang sesungguhnya juga beserta sampahnya? Kadangkala kemasan produk lebih mahal dari barang yang dibutuhkan; karena itu, mengelola sampah justru diawali dari diri kita masing-masing. Sebagian besar tumpukan sampah berasal dari aktivitas rumahtangga. Dengan mengelola sejak dari rumah akan mengurangi timbunan sampah di sudut-sudut tanah perkotaan.

< |||| >
Agenda
Who's Online
  • 0 Members.
  • 1 Guest.

Kunjungan sejak 2012

Your IP: 54.82.112.193