Get Adobe Flash player

Beranda

Berbagai obat trasional untuk ternak (yang terlupakan)

ternak sapiPemanfaatan obat tradisional dianjurkan karena selain dapat menghemat biaya, juga dapat mengurangi ketergantungan petani peternak terhadap obat-obat ternak pabrik yang biasanya kurang bahkan tidak tersedia di pedesaan. Lagipula ternak sakit dapat segera ditolong karena tumbuh-tumbuhan berkhasiat obat biasanya banyak terdapat di pedesaan. Diantaranya adalah obat tradisional untuk ternak sapi.

  (lebih…)

Bahan alami pembersih pakaian

 

lerak pembersih alami
lerak pembersih alami

 

 

Kita bisa membuat sabun pembersih sendiri dengan larutan sari lerak dari buah lerak. Larutan ini bisa dibuat sendiri dengan cara berikut : (lebih…)

Tips memilih sayuran dan buah organik

Secara umum dalam memilih sayur sayuran dan buah perlu memperhatikan penampilannya secara menyeluruh: aroma, keutuhan, warna dan kesegaran. Namun bukan berarti bahwa semua sayuran hasil pertanian organik harus berpenampilan menarik. Hakikatnya terletak pada tata cara pertanian organik, yaitu penanaman sesuai musim, pengendalian hama terpadu yang tepat, proses pemanenan dan penanganan pascapanen yang baik. Proses proses inilah yang akan menghasilkan produk pertanian yang bagus dalam segi penampilan dibandingkn hasil konvensional.

Sayuran Daun :

- Beraroma segar,

- Helaian daun masih utuh, padat dan tidak patah-patah atau terlipat-lipat, kering pada beberapa bagiannya.

- Warna merata dan tidak kusam.

kebun sayur roemah organik

kebun sayur roemah organik

“Take in-take out”

Praktikkan perilaku "take in-take out", terutama untuk produk nonpangan. Cara ini membantu kita saat membeli brang yang memang benar-benar dibutuhkan. Misalnya, membeli 3 potong baju baru, lalu mengeluarkan 3 potong baju lama yang ada.

10 Makanan Penyembuh Ajaib

Ada berbagai macam tanaman dan hasil dari hewan yang memiliki khasiat tinggi bagi pencegahan dan pengobatan. Selama bertahun-tahun, para ahli gizi melakukan penelitian untuk mengidentifikasi manfaat nutrisi dari makanan tertentu. Mereka mempelajari protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral dan vitamin untuk menentukan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (lebih…)

Tips berkendara

Tips mengendarai mobil yang lebih ramah lingkungan Selain untuk mengurangi polusi yang dikeluarkan kendaraan kita dengan men-service-kan mesin tepat waktu dan membeli bensin yang bebas timbal untuk bahan bakarnya, perlu kiranya di mobil juga disediakan beberapa hal : (lebih…)

Memilah sampah itu penting!

Sediakan tempat untuk memilah barang jadi 3 bagian : satu untuk barang recycle, satu untuk barang re-use, satu untuk yang komposting. Atau untuk lebih sederhana dahulu, pisahkan dalam sampah organik (dapat dijadikan kompos) dan sampah non-organik (seperti plastik, kaca, dll).

Tahukah Anda?

Rumah-rumahan yang sengaja dipasang di areal persawahan guna sarang Burung Hantu /Serak Jawa (Tyto alba) yang menjadi musuh alami hama tikus.Sepasang burung hantu bisa melindungi 25 hektar tanaman padi. Dalam waktu satu tahun, satu ekor burung hantu dapat memangsa 1300 ekor tikus.Penggunaan burung hantu bisa menurunkan serangan tikus pada lahan perkebunan maupun pertanian hingga di bawah 5 persen.

Burung hantu merupakan predator alami dari hama tikus dan musuh bebuyutan tikus di alam bebas. Burung hantu lebih efektif dibandingkan pengendalian tikus menggunakan racun tikus, gropyokan (perburuan tikus melibatkan banyak orang secara bersama-sama dan serempak) dan lain-lain. Sebagai predator alam, burung hantu jenis Serak Jawa merupakan pemburu tikus yang paling populer dan andal, baik di perkebunan kelapa sawit maupun di pertanian padi.  Dari segi biaya, pengendalian serangan tikus menggunakan burung hantu lebih rendah 50 persen dibandingkan penanggulangan tikus secara kimiawi.

< |||| >
Ikuti kami di :
Agenda
Who's Online
  • 0 Members.
  • 1 Guest.

Kunjungan sejak 2012

Your IP: 54.242.236.164