Get Adobe Flash player

Membuat sendiri pembiakan jamur trichoderma

trichoderma spJamur antagonis alias musuh  dikembangkan sebagai sebuah teknik untuk menggusur jamur penyebab penyakit pada tanaman. Jamur ini punya kemampuan berkembang biak dan daya adaptasi yang lebih baik dibandingkan jamur pentebab penyakit. Ada beberapa jenis jamur antagonis yang sudah ditemukan, namun yang terbukti paling efektif dan mudah dikembangkan selama ini oleh petani adalah jenis Trichoderma sp, yaitu penggusur jamur penyebab busuk akar pada aneka tanaman.

Setelah jamur Trichoderma tersebut berhasil dibiakkan dan sudah menunjukkan warna hijau kehitaman, maka setelah diencerkan dengan air kemudian dapat disemprotkan kedalam tanah yang akan ditanami.

 

Pembiakan cara 1.

Bahan :

  1. Bekatul (dedak padi halus)
  2. Biakan/inokulan jamur Trichoderma sp

Alat :

  1. Alat pengukus
  2. Plastik
  3. Tampah

 

Cara membuat :

  1. Katul diperciki air sampai macak-macak/tidak basah betul/pero.
  2. Kukus sampai matang.
  3. Dinginkan dan di ler/diratakan pada tampah yang bersih setinggi 10 cm.
  4. Inokulasikan biakan jamur kemudian tutup rapat dengan plastik.
  5. Simpanlah ditempat terlindung sinar matahari pada suhu kamar
  6.  Tunggu selama  3 hari , kemudian lihat setelah 3 hari. Bilamana muncul benang-benang warna  putih berarti  pembuatan jadi
  7. Jamur Tricoderma yang sudah tua/jadi akan berwarna hijau kehitaman

Pembiakan cara 2.

Alat-Bahan  yang dibutuhkan  :

-       Sekam  atau bekatul

-       Gula

-       Soblok/kukusan

-       Pemanas/kompor

-       Kantong Plastik bening

Cara  pembuatan  :

  1. Sekam / bekatul  dikukus sampai mendidih
  2. Kemudian angkat dan kering anginkan
  3. Setelah dingin  masukkan ke dalam plastik dan berikan jamur  Tricoderma bersama larutan gula 0,1 % dan simpan dalam suhu kamar.
  4. Tunggu selama  3 hari , kemudian lihat setelah 3 hari. Bilamana muncul benang-benang warna  putih berarti  pembuatan jadi
  5. Jamur Tricoderma yang sudah tua/jadi akan berwarna hijau kehitaman

Penggunaan spora trichoderma ini untuk megatasi berbagai hama penyakit yang ditimbulkan oleh jamur seperti layu fusarium dsb.

Bila ingin praktis, ada juga bisa mendapatkan agens T dari kami, klik disini

Leave a Reply

Tahukah Anda?

bahaya makanan instan

Jika kita membeli produk pangan timbanglah beberapa hal berikut ini:

  • Memilih bahan pangan yang berkualitas baik dan aman. Jika kita kembali pada "you are what you eat", makanan yang kita konsumsi tentu berasal dari bahan pangan yang alami dan segar. Bahan pangan organik memenuhi syarat tersebut
  • Mengutamakan bahan pangan dari hasil pertanian lokal dan tidak dilarang karena terancam punah atau dilindungi. Dengan memilih produk lokal secara langsung kita telah menghemat bahan bakar transportasi untuk mengirim produk dan mengurangi jumlah kemasan. Produk lokal yang segar tidak melalui proes pengolahan yang berlebihan. Misalnya, memilih beras 'pecah kulit' (dikenal sebagai brown rice yang masih ada kulit arinya) daripada 'beras putih' yang sudah melalui proses pemolesan. Sedangkan produk pabrikan dan instan umumnya melalui: pematangan, pelapisan dan pengayaan vitamin (fortifikasi), agar nilai nutrisinya masih utuh.
< |||| >
Agenda
Who's Online
  • 0 Members.
  • 1 Guest.

Kunjungan sejak 2012

Your IP: 54.82.112.193