Get Adobe Flash player

Unsur hara mikro seng (Zn) untuk tanaman-lanjutan

Bag 6

Zn diserap oleh tanaman dalam bentuk ion Zn++ dan dalam tanah alkalis mungkin diserap dalam bentuk monovalen Zn(OH)+. Di samping itu, Zn diserap dalm bentuk kompleks khelat, misalnya Zn-EDTA. Seperti unsure mikro lain, Zn dapat diserap lewat daun. Kadr Zn dalam tanah berkisar antara 16-300 ppm, sedangkan kadar Zn dalam tanaman berkisar antara 20-70 ppm. Mineral Zn yang ada dalam tanah antara lain sulfida (ZnS), spalerit [(ZnFe)S], smithzonte (ZnCO3), zinkit (ZnO), wellemit (ZnSiO3 dan ZnSiO4). Fungsi Zn antara lain : pengaktif enim anolase, aldolase, asam oksalat dekarboksilase, lesitimase,sistein desulfihidrase, histidin deaminase, super okside demutase (SOD), dehidrogenase, karbon anhidrase, proteinase dan peptidase. Juga berperan dalam biosintesis auxin, pemanjangan sel dan ruas batang.
Ketersediaan Zn menurun dengan naiknya pH, pengapuran yang berlebihan sering menyebabkan ketersediaaan Zn menurun. Tanah yang mempunyai pH tinggi sering menunjukkan adanya gejala defisiensi Zn, terytama pada tanah berkapur.
Adapun gejala defisiensi Zn antara lain : tanaman kerdil, ruas-ruas batang memendek, daun mengecil dan mengumpul (resetting) dan klorosis pada daun-daun muda dan intermedier serta adanya nekrosis.

Leave a Reply

Tahukah Anda?

sekolah lapang ke sukunan-foto dokumentasi hijau.or.id -

Sadarkah bila kita membeli sesuatu barang sesungguhnya juga beserta sampahnya? Kadangkala kemasan produk lebih mahal dari barang yang dibutuhkan; karena itu, mengelola sampah justru diawali dari diri kita masing-masing. Sebagian besar tumpukan sampah berasal dari aktivitas rumahtangga. Dengan mengelola sejak dari rumah akan mengurangi timbunan sampah di sudut-sudut tanah perkotaan.

< |||| >
Agenda
Who's Online
  • 0 Members.
  • 2 Guests.

Kunjungan sejak 2012

Your IP: 54.82.112.193